Prosedur Usulan Pembukaan Periode Lampau untuk Melakukan Perbaikan Pelaporan PDDikti

Ajuan pembukaan periode lampau ini ditujukan untuk memperbaiki data pelaporan PDDIKTI baik data pokok maupun data transaksional di luar periode aktif. Ajuan perubahan data tersebut terdiri dari 2 tipe, yaitu tipe insert dan tipe update.

Ajuan tipe insert berarti pengajuan pembukaan periode yang dimungkinkan untuk menginput dan menghapus semua data pokok dan data transaksional di periode itu. Sedangkan ajuan tipe update tidak dapat digunakan untuk menginput data pokok mahasiswa baru (biodata dan history pendidikan) ataupun menghapusnya, namun terbatas pada data transaksional.

Maka untuk menginput atau mengubah data KRS, KHS, riwayat mengajar dosen, AKM disarankan menggunakan tipe 2. Dan apabila ingin mengubah data pokok yang keliru yaitu nama mahasiswa, NIM, jenis kelamin, tempat lahir, tanggal lahir, nama ibu kandung, dan periode pendaftaran disarankan mengusulkan Perubahan Data Mahasiswa (PDM) di laman PDDikti dengan alamat akses http://pddikti-admin.ristekdikti.go.id/. 

Berikut kami sampaikan Prosedur Usulan Pembukaan Periode Pelaporan PDDikti Lampau yang sudah ditutup atau tidak muncul di Aplikasi PDDikti Feeder :

  • Mengunggah Surat Permohonan Pembukaan Periode yang di dalamnya menyebutkan periode ajuan, nama prodi dan alasan usulan tersebut. Suratnya bisa dibuat kolektif (memuat lebih dari satu periode dan prodi) akan tetapi satu ajuan yang dibuat di laman forlap/pddikti hanya untuk satu periode per prodi jika tipe 1, sedangkan ajuan tipe 2 boleh memuat banyak periode dalam satu usulan.
    Langkah-langkahnya sebagai berikut :

Login Akun Forlap, pilih menu Pelaporan, Submenu Pengajuan Perbaikan Pelaporan PDDIKTI, kemudian buat usulan dengan memilih prodi dan periode pelaporan yang ingin diajukan. Setelah itu upload surat permohonan tersebut dan klik icon ajukan.

  • Adapun Berkas Verifikasi yang perlu dikirimkan ke LLDIKTI sebagai bahan validasi sebagai berikut:
  1. Surat Pengantar, dan Surat Pernyataan Pimpinan terkait kebenaran data dan informasi
  2. SK Penerimaan Mahasiswa Baru, Bukti Pembayaran SPP, KTP, KTM, dan Akte Kelahiran/KK jika yang diupload adalah Data Pokok mahasiswa, ditambah, SK Pengakuan Alih Kredit, Nilai Konversi, dan Print out Riwayat Studi PDDikti dari PT/Prodi sebelumnya untuk mahasiswa yang masuk sebagai pindahan, alih jenjang, lintas jalur, dan RPL (khusus RPL tipe A2 tidak diperlukan Print out PDDikti dari PT sebelumnya);
  3. KRS, Absensi kuliah, KHS/ Transkrip nilai jika yang diupload adalah Data Transaksional;
  4. Absensi mengajar dosen jika yang ingin diupload adalah riwayat mengajar dosen;
  5. Jika hanya untuk sinkronisasi data AKM dan lainnya yang sudah diinputkan di Feeder, Pengelola PDDikti dari LLDIKTI akan terlebih dahulu mengambil datanya agar dapat dijadikan data pembanding sebelum dan setelah perbaikan pelaporan.
  6. Jika untuk mengubah periode pendaftaran, maka usulannya melalui PDM. Namun jika ingin menambahkan history baru dapat dilakukan dengan mengirimkan SK Penerimaan Mahasiswa Baru, ditambah SK Pengakuan Alih Kredit jika status daftar selain Peserta Didik Baru. Dan dimohon memberi penjelasan di keterangan alasan lampiran I surat pengantar dengan mengisi “Menambah/mengedit history pendidikan.” 
  7. Apabila ingin menghapus data, isikan menghapus data misalnya, data pokok, history pendidikan, krs, khs, akm, atau dan daftar lulus di keterangan alasan lampiran 1 surat pengantar.

Semua berkas tersebut di scan, kemudian softscannya dikirim ke alamat email ult.lldikti13@ristekdikti.go.id cc ihsanihsan1294@gmail.com.

Usulan tersebut akan terlebih dahulu divalidasi LLDIKTI sesuai berkas-berkas verifikasi, kemudian diajukan ke Pusdatin IPTEK DIKTI bila sudah valid. Setelah Pusdatin IPTEK DIKTI menyetujui ajuan tersebut, silahkan login PDDikti Feeder kemudian lakukan sinkronisasi agar periode lampau muncul di pilihan setting periode.

Silahkan unduh :

  1. Format Surat Pengantar (lampiran I disesuaikan usulan bagi Mahasiswa dan atau Dosen)
  2. Surat Permohonan Pembukaan Periode Pelaporan PDDIKTI
  3. Surat Pernyataan Pimpinan Terkait kebenaran data dan informasi yang dikirimkan

1 Comment
Tinggalkan Balasan