Mahasiswa STIKes dan Akbid Nurul Hasanah Kutacane Gelar Baksos Kesehatan

KUTACANE, KabarGalus | Sebagai salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat, puluhan mahasiswa STIKes dan Akbid Kampus Nurul Hasanah Kutacane, Aceh Tenggara, menggelar Bakti Sosial (Baksos) kesehatan, dalam rangkaian Praktek Belajar Lapangan (PBL) di lapangan Kantor Camat Tanoh Alas, pada Rabu 13 November 2019 lalu.

Hal itu diungkapkan Ketua Panitia, Dina Andriani ,S.Kep.,Ners.,M.Kep, pada wartawan KabarGalus.com, bertempat di Café Jamniez Kutacane, Minggu (17/11/2019).

Dikatakan, ada beberapa agenda dalam Baksos kesehatan tersebut, diantaranya, penyuluhan kesehatan pada lansia, ibu hamil dan menyusui, pemeriksaan kesehatan pasien gula darah dan asam urat, pemberian makanan tambahan pada bayi dan balita, pengobatan gratis serta gotong royong.

“Sasaran utama kegiatan ini yaitu, seluruh lapisan masyarakat di  Kecamatan Tanoh Alas Kabupaten Aceh Tenggara,” ujar Dina, seraya menambahkan, kegiatan tersebut turut dihadiri Ketua Pembina Yayasan Nurul Hasanah Kutacane, Hj. Murniati, S. Kep, M. Kes.

Selain itu lanjutnya, berkat kegigihan para mahasiswa, ada beberapa Instansi Swasta dan Negeri yang mau menjadi sponsor resmi kegiatan itu, antara lain, Rumah Sakit Nurul Hasanah Kutacane, Kantor Kemenag Aceh Tenggara, Camat Tanoh Alas, Puskesmas Tanoh Alas dan Organisasi Profesi Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Aceh Tenggara.

Master Keperawatan ini juga menambahkan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas kesehatan masyarakat, dengan memberikan pelayanan kesehatan langsung kepada masyarakat, sekaligus sebagai wujud kepedulian kepada masyarakat, dalam rangka mewujudkan hidup sehat.

“Kegiatan ini sesuai dengan salah satu  kompetensi mahasiswa yang sedang melaksanakan Praktek Belajar Lapangan (PBL) dan semuanya terlibat langsung sebagai panitia pelaksana kegiatan Bakti Sosial ini,” urainya.

Kemudian, Dina Adriani, juga mengapresiasi keterlibatan langsung Camat Tanoh Alas, Ali Madun, dalam kegiatan Bakti Sosial kesehatan itu. “Dalam amanatnya, Pak Camat Tanoh Alas sangat antusias dan mendukung kegiatan positif ini. Bahkan beliau berharap, kegiatan seperti ini tetap berlanjut kedepannya, sehingga bisa menambah wawasan dan ilmu pengetahuan masyarakat, khususnya warga di Kecamatan Tanoh Alas, terkait kesehatan,” kata Dina menirukan ucapan Camat Tanoh Alas, Ali Madun.

Dalam kesempatan itu, Dina Adriani, juga mengucapkan terima kasih kepada tim medis Rumah Sakit Nurul Hasanah Kutacane dan IDI, yang telah membantu suksesnya acara ini.

“Saya mengucapkan terimakasih kepada dr. Belagar Harmoko WF, dr. Nori Indah Pratiwi, dr Nurul Rahma, Dokter Spesialis THT, dr. Milzam Rafdi Asmara Sp. THT-KL dan Kepala Puskesmas Tanoh Alas, Abu Sofian. Sebab, tanpa mereka dan sponsor lainnya, kegiatan yang melibatkan 250 masyarakat ini, tak mungkin bisa terlaksana dengan baik,” pungkas Dina Adriana.

Sumber berita klik di sini

Tinggalkan Balasan