PT PIM Sosialisasi K3 di Umuslim, Ini Tujuannya

SERAMBINEWS.COM, BIREUN – Satu tim dari PT Pupuk Iskandar Muda (PIM) Lhokseumawe yang dipimpin staf Direktur Produksi, Teknik dan Pengembangan, Ikhsanuddin, Kamis (13/2/2020) hadir ke Universitas Almuslim (Umuslim) Peusangan Bireuen.

Kehadiran mereka mensosialisasikan tentang Health, Safety, Environment (HSE), Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) dan teknik pemadaman api menggunakan alat pemadan ringan (APAR) serta cara menggunakan handuk basah (blanket) kepada para mahasiswa Umuslim.

Wakil Rektor III Umuslim, Dr Ir Saiful Hurri MSi membuka pertemuan sosialisasi dan praktik penggunakan alat. Saiful Hurri mengatakan, kegiatan daapt memberi manfaat bagi mahasiswa dan juga membuka jalan bagi mahasiswa  untuk melakukan praktek dan magang di proyek industry sesuai harapan program kampus merdeka yang dicanangkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

Kabag Humas dan Kemasiswaan Umuslim, Zulkifli M Kom kepada Serambinews.com mengatakan, sebanyak 50 mahasiswa Umuslim mengikuti sosialisasi tersebut bersama tim dari PT PIM Lhokseumawe, pertemuan berlangsung di lapangan terbuka Kampus Ampon Chiek, Umuslim Peusangan.

Dalam pertemuan praktek menggunakan alat pemadam kebakaran dan lainnya, manajemen PT PIM diwakili  staf Direktur Produksi, Teknik dan Pengembangan Ikhsanuddin mengatakan, program sosialiasi keselamatan kerja dalam rangka bulan K3 nasional,  melakukan sosialisasi ke masyarakat khususnya mahasiswa.

Tujuan utama adalah agar para mahasiswa dapat mengetahui bagaimana cara menjaga keselamatan kerja, memberi pertolongan pertama kepada kecelakaan kerja dan cara pemadaman api dengan menggunakan alat pemadam ringan.

Zulkifi M Kom menambahkan,  kegiatan sosialisasi dalam bentuk persentasi  materi teori diruangan, kemudian dilanjutkan praktik langsung di lapangan terbuka, berupa P3K dan sistem pemadaman kebakaran ringan. dengan menggunakan berbagai peralatan. Peralatan praktik dibawa dari perusahaan produksi pupuk  tersebut ke Umuslim. 

“Dari praktik langsung memberikan pengetahuan praktis bagi mahasiswa khususnya bidang P3K dan usaha memadamkan api dalam menghadapi kebakaran ringan, jelas Zulkifli.(*)

Sumber : Klik

Tinggalkan Balasan