Mahasiswa Norwegia Belajar Bareng Mahasiswa Akper Ibnu Sina Sabang, akan ke Unsyiah, RSUZA dan RSJ.

Selain belajar bareng mahasiswa Akper Ibnu Sina Kota Sabang ini, mereka juga melakukan kunjungan ke Fakultas Keperawatan Unsyiah.

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH – Mahasiswa Inland Norway University of Applied Sciences (INN), Norwegia gelar Community Health Nursing bersama mahasiswa Akper Ibnu Sina (AKIS) Kota Sabang.

Selain belajar bareng mahasiswa Akper Ibnu Sina Kota Sabang ini, mereka nanti juga akan berkunjung ke Fakultas Keperawatan Unsyiah, Banda Aceh.

Kemudian juga ke Rumah Sakit Umum Zainoel Abidin (RSUZA) Banda Aceh dan Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Aceh, Banda Aceh. 

Insternasional Koordinator Akper Ibnu Sina Kota Sabang, Samarullah RN MPH, mengatakan para mahasiswa itu berada di Sabang 25 Februari – 15 Maret 2020. 

“Tanggal 16 sampai 22 Maret 2020 akan berada di Banda Aceh untuk kunjungan ke beberapa fasilitas kesehatan.

Kemudian akan kembali ke Norwegia tanggal 23 Maret via Kuala Lumpur,” kata Samarullah lewat siaran pers kepada Serambinews.com, Rabu (26/2/2020). 

Mahasiswa Inland Norway University of Applied Sciences (INN), Norwegia gelar Community Health Nursing bersama mahasiswa Akper Ibnu Sina (AKIS) Kota Sabang, Selasa (25/2/2020) (For serambinews.com)

Alumnus INN tahun 2012 ini mengatakan mahasiswa Norwegia, Frida mengaku mereka sangat senang bisa belajar ke Aceh. Ia menilai masyarakat Aceh sangat ramah.

“Kami berharap agar semuanya berjalan lancar dan dapat berbagi pengetahuan dengan mahasiswa AKIS dan masyarakat di Sabang,” harap Samarullah. 

Direktur Akper Ibnu Sina Kota Sabang, Aida Khairunisa, SST MSi, saat pembukaan coaching mengatakan bahwa kerja sama ini sudah berjalan 12 tahun.

“Tahun ini AKIS berencana melakukan magang ke Rumah Sakit Pusrawi Malaysia, namun masih menunggu proses nego biaya dari pihak Pusrawi,” kata Aida Khairunisa. 

Ia menambahkan AKIS juga sedang melakukan pendekatan dengan badan donatur di Belanda, Erasmus untuk mendapatkan dana.

“Kami bekerja sama dengan INN, Norwegia dan beberapa kampus di Aceh dalam upaya peningkatan sumber daya kesehatan khususnya di Aceh,” ujarnya.

Mahasiswa INN Norwegia yang berkunjung itu terdiri atas tujuh mahasiswa perawat dan tiga mahasiswa perawat gigi, serta didampingi seorang dosen Anne Trolvik RN PhD. (*)

Sumber : Disini

Tinggalkan Balasan