Politeknik Kutaraja Road Show ke Sejumlah Sekolah di Pidie dan Pidie Jaya

PIDIE JAYA—Dalam rangka lebih mendekatkan sistem pendidikan tinggi vokasi ditengah-tengah masyarakat Aceh, tim Politeknik Kutaraja melakukan sosialisasi sekaligus promosi ke sejumlah sekolah menengah atas di Kabupaten Pidie dan Pidie Jaya, Senin-Rabu, 02-04/03/2020.

Selama ini masyarakat Aceh kurang mendapatkan informasi lebih detil dan langsung terutama dari pemerintah mengenai pendidikan vokasi.

Bahkan para guru di beberapa sekolah menengah atas di Kabupaten penghasil emping melinjo tersebut menganggap sama saja dengan pendidikan akademi.

Padahal pendidikan tinggi vokasi sangat berbeda dengan pendidikan akademi.

Menurut Ketua Tim Politeknik Kutaraja, Hamdani, perbedaan signifikan antara pendidikan akademi yaitu pendidikan vokasi lebih menekankan pada penguasaan keterampilan dan keahlian khusus pada bidang yang dipilih.

Sedang pendidikan akademi lebih kepada pengembangan keilimuan.

“Karena pendidikan vokasi bertujuan untuk mempersiapkan lulusan siap bekerja dan berwirausaha, maka sistem belajarnya lebih mengutamakan praktik agar mahasiswa memiliki skil pada bidang yang mereka pilih.” kata Hamdani.

Di Kabupaten Pidie sejumlah sekolah menengah atas menjadi tempat sosialisasi terutama bagi siswa kelas XII.

Diantara sekolah tersebut adalah SMKN 1 Sigli, SMAN 1 Padang Tiji, SMAN 1 Indra Jaya, MAN 3 Pidie.

Di Pidie Jaya termasuk SMAN 1 Meureudu, MAN 1 Pidie Jaya, dan SMKN 1 Trienggadeng.

Sedang sekolah SMAN 1 Sigli dan MAN 1 Pidie tim hanya bersilaturrahmi dengan pihak sekolah saja.

Kegiatan sosialisasi selama 3 hari tersebut disambut antusias oleh pihak sekolah dan para siswa. Mereka mengaku baru kali ini mengenal pendidikan vokasi yang memberikan skil bagi lulusannya.

Siswa mengatakan sangat menarik untuk melanjutkan pendidikan di Politeknik. Sebab bukan hanya belajar teori saja tapi juga dibekali dengan ilmu terapan atau adanya keahlian.

Kepala SMKN 1 Sigli, Syamsuddin, S.Pd.,M.Pd sangat gembira menyambut kedatangan tim Politeknik Kutaraja berkunjung kesekolahnya dan memberikan sosialisasi bagi siswa (i).

“Alhamdulillah dan ucapan terima kasih dari pihak kami atas kunjungan tim sosialisasi pendidikan vokasi Politeknik Kutaraja ke SMKN 1 Sigli. Pastinya kehadiran tim sangat bermanfaat bagi siswa yang sebentar lagi akan tamat dari sekolah.” ujar Syamsuddin. (*)

Tinggalkan Balasan